Sistem Pernapasan pada Manusia

A.     Pengertian pernapasan

Pernapasan atau respirasi adalah pertukaran gas antara makhluk hidup (organisme) dengan lingkungannya. Secara umum, pernapasan dapat diartikan sebagai proses menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar.

Pernapasan pada manusia mencakup dua proses, yaitu :

1.  Pernapasan eksternal
Adalah pernapasan dimana pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang terjadi antara udara dalam gelembung paru-paru dengan darah dalam kapiler.

2.  Pernapasan internal
Adalah pernapasan dimana pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara darah dalam kapiler dengan sel-sel jaringan tubuh.

Dalam proses pernapasan, oksigen dibutuhkan untuk oksidasi (pembakaran) zat makanan. Zat makanan yang dioksidasi tersebut yaitu gula (glukosa). Glukosa merupakan zat makanan yang mengandung energi. Proses oksidasi zat makanan, yaitu glukosa, bertujuan untuk menghasilkan energi. Jadi, pernapasan atau respirasi yang dilakukan organisme bertujuan untuk mengambil energi yang terkandung di dalam makanan.

Hasil utama pernapasan adalah energi. Energi yang dihasilkan digunakan untuk aktivitas hidup, misalnya untuk pertumbuhan, mempertahankan suhu tubuh, pembelahan sel-sel tubuh, dan kontraksi otot

B.      Sistem Pernapasan pada Manusia

Manusia bernapas secara tidak langsung. Artinya, udara untuk pernapasan tidak berdifusi secara langsung melalui permukaan kulit. Difusi udara untuk pernapasan pada manusia terjadi di bagian dalam tubuh, yaitu gelembung paru-paru (alveolus). Pada pernapasan secara tidak langsung, udara masuk ke dalam tubuh manusia dengan perantara alat-alat pernapasan.

Alat-alat Pernapasan pada manusia terdiri dari rongga hidung, faring (tekak), laring (pangkal tenggorokan), trakea (batang tenggorokan), bronkus (cabang tenggorokan), dan pulmo (paru-paru).

Alat pernapasan manusia


1.      Rongga Hidung

Rongga hidung merupakan jalan masuk oksigen untuk pernapasan, dan jalan keluar karbon dioksida serta uap air sisa pernapasan. Di dalam rongga hidung terjadi penyaringan udara dari debu-debu yang masuk bersama udara. Udara yang masuk ke dalam rongga hidung juga mengalami proses penghangatan agar sesuai dengan suhu tubuh kita. Demikian juga pula kelembapan udara diatur agar sesuai dengan kelembapan tubuh kita.

2.      Faring (tekak)

Faring berbentuk seperti tabung corong yang terletak di belakang rongga hidung dan mulut. Faring berfungsi sebagai jalan bagi udara dan makanan. Selain itu, faring juga berfungsi sebagai ruang getar untuk menghasilkan suara.

Alat pernapasan manusia bagian atas

3.      Laring (pangkal tenggorokan)

Laring terdapat di antara faring dan trakea. Dinding laring tersusun dari sembilan buah tulang rawan. Salah satu tulang rawan tersusun dari dua lempeng kartilago hialin yang menyatu dan membentuk segitiga. Bagian ini disebut jakun.

Di dalam laring terdapat epiglotis dan pita suara. Epiglotis merupakan kartilago elastis yang berbentuk seperti daun. Epiglotis dapat membuka dan menutup. Pada saat menelan makanan, epiglotis menutup sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan tetapi menuju kerongkongan. Pita suara merupakan selaput lendir yang membentuk dua pasang lipatan dan dapat bergetar menghasilkan suara.

Pita suara manusia

4.      Trakea (batang tenggorokan)

Trakea berbentuk seperti pipa yang terletak memanjang di bagian leher dan rongga dada (toraks). Trakea tersusun dari cincin tulang rawan dan otot polos. Dinding bagian dalam trakea berlapis sel-sel epitel berambut getar (silia) dan selaput lendir. Trakea bercabang dua, yang satu menuju paru-paru kiri dan yang lain menuju paru-paru kanan. Cabang trakea disebut bronkus.

5.      Pulmo (paru-paru)

Paru-paru terletak di dalam rongga dada bagian atas. Rongga dada dan rongga perut dipisahkan oleh sekat, yaitu diafragma. Paru-paru terbagi menjadi dua bagian, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terdiri dari tiga gelambir dan paru-paru kiri terdiri dari dua gelambir. Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru tipis yang disebut pleura.

Di dalam paru-paru, masing-masing bronkus bercabang-cabang membentuk bronkiolus. Selanutnya, bronkiolus bercabang-cabang menjadi pembuluh halus yang berakhir pada gelembung paru-paru yang disebut alveolus (jamak = alveoli). Alveoli menyerupai menyerupai busa atau sarang tawon. Jumlahnya alveoli kurang lebih 300 juta. Dinding alveolus sangat tipis dan elastis. Pada alveolus terjadi difusi atau pertukaran gas pernapasan, yaitu oksigen dan karbon dioksida.

Alveoli yang terdapat di dalam paru-paru manusia

C.      Mekanisme Pernapasan

Pernapasan merupakan suatu proses yang terjadi dengan sendirinya (secara otomatis). Walaupun kita dalam keadaan tidur, proses pernapasan berjalan terus. Pada saat kita bernapas ada dua proses yang terjadi yaitu inspirasi (proses masuknya udara ke dalam paru-paru) dan ekspirasi (proses keluarnya udara dari paru-paru). Inspirasi dan ekspirasi terjadi antara 15 – 18 kali setiap menit. Proses inspirasi dan ekspirasi diatur oleh otot-otot diafragma dan otot antartulang rusuk.

1.       Pernapasan Dada

Terjadi karena aktivitas otot antartulang rusuk. Bila otot antartulang rusuk berkerut (berkontraksi), maka tulang-tulang rusuk akan terangkat dan volume rongga dada akan membesar. Keadaan ini menyebabkan penurunan tekanan udara di dalam paru-paru. Karena tekanan udara di luar tubuh lebih besar, maka udara dari luar yang kaya oksigen masuk ke dalam paru-paru. Dengan demikian terjadilah inspirasi.

Bila otot-otot antartulang rusuk mengendor (relakasasi), yaitu kembali pada posisi semula, maka tulang-tulang rusuk akan tertekan. Akibatnya, volume rongga dada mengecil. Keadaan ini mengakibatkan naiknya tekanan udara di dalam paru-paru.

Pada saat insipirasi (a) rongga dada membesar dan (b) diafragma mendatar

2.       Pernapasan Perut

Pernapasan perut terjadi karena aktivitas otot-otot diafragma yang membatasi rongga perut dan rongga dada. Bila otot diafragma berkontraksi, maka diafragma akan mendatar. Keadaan ini mengakibatkan rongga dada membesar sehingga tekanan udara di paru-paru mengecil. Akibatnya, udara luar yang kaya oksigen masuk ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan. Dengan demikian, terjadilah inspirasi.

Sebaliknya, bila otot diafragma relaksasi (kembali pada posisi semula), maka kedudukan diafragma melengkung ke atas. Keadaan ini mengakibatkan rongga dada membesar. Akibatnya, udara dari paru-paru yang kaya karbon dioksida terdorong ke luar. Dengan demikian terjadilah ekspirasi.

Pada saat ekspirasi (a) rongga dada mengecil dan (b) diafragma melengkung ke atas

Sekedar info :

1. Buat kamu pasangan muda-mudi yang mencari kaos couple dengan model unik dan serasi
2. Buat kamu cewek yang mencari Blazer / Kaos Korean Style / Shanghai Style dengan harga yang SANGAT MURAH

Silahkan buka page ini :
https://www.facebook.com/pages/Olivia-Collections/189882557875364

olivia collection

Sekalian di like ya.. Thank You

About these ads

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

40 Responses to Sistem Pernapasan pada Manusia

  1. evi dewi says:

    dalam udara terdapat nitrogen 79% , oksigen 19% dan yang satu nya adalah zat lain . berapa persen nitrogen, oksigen dan zat lain yang kita hirup??

  2. Secret_Name says:

    makasi kk ilmunya,,,,,
    punya PB gg pinjem klo punya
    ksi tw aku di FB add ya
    hihhihihihihihih ^_^

  3. Anonymous says:

    makasih akhinya gugas aku selesai juga

  4. makasih atas penjelasannya.. plus gambarnya.. keren..
    salam kenal ya..

  5. Monica Vania says:

    Terima kasih banyak..

  6. Pingback: Sistem Pernapasan pada Manusia | dheluestarini

  7. Anonymous says:

    terima kasih banyak ya ^__^
    gamabar dan penjelasannya menarik

  8. thini says:

    complete .
    thx yh . :)

  9. Amalya says:

    thanks for the knowledge you provide :)

  10. May says:

    bagus,tapi,kurang lengkap kalau tanpa skema perjalanan oksigen dan karbondioksidanya.

  11. rifki says:

    syukron katsiron ,,atas ilmu pengetahuannya,,,

  12. Ratu says:

    makasi kak

  13. Restiana Rosanti says:

    makasih banget yaa..

  14. aurelia says:

    makasih ya ini jadi nambah pengetahuan buat UN

  15. gen says:

    keren gan
    kunjungi juga my blog http://www.cuk-ing.blogspot.com

  16. Anonymous says:

    makasih ya kak infonya tugas akhu sellesai dech :)

  17. krisna says:

    web ini sangat berguna bagi saya :*:D

  18. ayun says:

    Thank you very much…….

  19. jona G5 says:

    I like THIS

  20. jona G5 PHB tegal says:

    kak salam kenal infonya bagus BANGETZ

  21. riska says:

    makasih yah tugas aku sudah tuntas

  22. rezy says:

    mkasih ya jadi tugas ku selesai

  23. Anonymous says:

    min,, PERNAFASAN bukan PERNAPASAN!

    hehehe peace :D

  24. virnandi agitama says:

    bagus juga nih artikel
    watur nuhun nya ka sawios

  25. Anonymous says:

    makazih pengetahuan.a

  26. Anonymous says:

    keren…………….. plus nambah ilmu dech!!!!!

  27. Anonymous says:

    maksi yaa ilmunys sekarang tugas ku dach selesai

  28. Anonymous says:

    makasih y tugas ku udh selai

  29. Anonymous says:

    maksivyah ilmunya jdi aku lbh tau

  30. Pingback: SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA | jannahmalik.wordpress.com

  31. pujiyanto says:

    siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip

  32. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added”
    checkbox and now each time a comment is added I get four emails with the same comment.

    Is there any way you can remove people from that service?
    Thanks a lot!

  33. Annisa nurinzani says:

    Aku mau nanya.. Apa yang di hasilkan dari proses penyaringan udara dan d tampung dimana ??

  34. sasuka says:

    wa xi sang sang hi hu kura xire taune alot alot alot sanae wiro wa xi tulen wo hoyo ini bahasa jepang

  35. cakdut cakra says:

    aing mau nanya kapan dibentuknya proses pernapasan manusia ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: