Isi Surat Kartini

Salah satu surat Kartini tertanggal 25 Mei 1899 yang ia tujukan kepada Stella Zeehandelaar, antara lain berbunyi : “Kami, gadis-gadis masih terikat oleh adat istiadat lama dan sedikit sekali memperoleh kebahagiaan dari kemajuan pengajara. Untuk keluar rumah sehari-hari dan mendapat pelajaran di sekolah saja sudah dianggap melanggar adat. Ketahuilah, bahwa adat negeri kami melarang keras gadis keluar rumah. Ketika saya berusia dua belas tahun, maka saya dikurung di dalam rumah, saya mesti masuk “kurungan”. Saya dikurung di dalam rumah, seorang diri, sunyi senyap terasing dari dunia luar. Saya tidak keluar dunia itu lagi, apabila tidak disertai oleh seorang suami, seorang laki-laki yang asing sama sekali bagi saya, dipilih oleh orang tua saya untuk saya, dikawinkan dengan saya tanpa sepengatahuan saya sendiri.”

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

