Pengertian Zat Aditif pada Makanan

Sudah sejak dahulu, orang menggunakan garam, cabe, jeruk, cuka, lada, dan berbagai bahan lainnya untuk keperluan memasak. Bahan-bahan tersebut dimaksudkan untuk memberi cita rasa tertentu atau penampilan yang lebih merangsang selera. Selain untuk memberi rasa asin, garam juga digunakan untuk mengawetkan berbagai jenis makanan, sehingga dapat disimpan lebih lama, misalnya ikan asin. Semua bahan yang ditambahkan di ke dalam makanan selama proses pengolahan, penyimpanan, atau pengepakan makanan, disebut bahan (zat) aditif makanan.

Pada awalnya, orang hanya menggunakan zat aditif makanan yang alami. Zat aditif alami diperoleh dari bahan-bahan alam (tumbuhan dan hewan). Akan tetapi, dengan berkembangnya industri makanan yang membutuhkan bahan dalam jumlah besar dan waktu penyimpanan yang lebih lama, orang mulai memproduksi dan menggunakan zat aditif sintetis. Zat aditif sintetis diperoleh melalui suatu proses kimia di laboratorium.

Kini, jenis zat aditif makanan sudah sangat beragam. Terdapat tidak kurang dari 2500 jenis zat aditif. Berdasarkan fungsinya, zat aditif makanan dapat digolongkan ke dalam pewarna, pemanis, pengawet, pengawet, antioksidan, penambah gizi, pengemulsi, pengatur keasaman, pembentuk serat, anti kempal, pemutih atau pemucat, perenyah dan pengisi, pemantap, pengering, pencegah buih, pengkilap/pelembab, dan pencegah lengket.

Penggunaan zat aditif, khususnya zat aditif sintetis, harus mendapatkan pengujian laboratorium dan pengawasan yang ketat, sehingga digunakan sesuai dengan keperluan, dan yang terpenting jangan sampai menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

About these ads

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: