Istilah Pancasila

 

Pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang BPUPKI pertama, tepatnya hari ketiga setelah menyampaikan lima asas dasar negara, Ir. Soekarno mengusulkan untuk memberikan nama atau istilah “Pancasila” pada lima asas dasar tersebut. Menurut beliau, nama itu berasal dari seorang ahli bahasa yang tidak disebutkan namanya. Istilah itu secara spontan diterima oleh peserta sidang.

Menurut Ir. Soekarno, Pancasila itu dapat diperas menjadi “Trisila”, yang terdiri atas Socio nationalism, Socio democratie, dan Ketuhanan. Trisila tersebut kemudian dapat diperas lagi menjadi Eka Sila, yang intinya “Gotong Royong”.

Istilah Pancasila yang dilontarkan oleh Ir. Soekarno, akhirnya menjadi populer di masyarakat sebagai nama dari dasar negara Indonesia. Lebih-lebih pada tahun 1945, pidato tersebut diterbitkan dengan judul “Lahirnya Pancasila”. Namun, rumusan dan sistematika serta metode berpikir antara usulan dasar negara pada tanggal 1 Juni 1945 yang dilontarkan oleh Ir. Soekarno tidak sama dengan dasar negara dalam Pembukaan UUD 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

8 Responses to Istilah Pancasila

  1. Nadia Maranressy says:

    Apakah PANCASILA-TRISILA-EKASILA dapat di samakan…apabila dpt disamakan dalm bidang apakah itu ??

  2. 멜라티 says:

    yang jadi ahli bahasany aitu siapa ? yg pinter jawab.. yg abaikan gak ngerti

  3. apakah maksud istilah pancasila

    • Terima kasih untuk komentarnya Sdr. Rega

      Secara etimologis, istilah “Pancasila” berasal dari Sansekerta dari India (bahasa kasta Brahmana) adapun bahasa rakyat biasa adalah bahasa Prakerta. Menurut Muhammad Yamin, dalam bahasa sansekerta perkataan “Pancasila” memilki dua macam arti secara leksikal yaitu :

      “panca” artinya “lima”

      “syila” vokal I pendek artinya “batu sendi”, “alas”, atau “dasar”

      “syiila” vokal i pendek artinya “peraturan tingkah laku yang baik, yang penting atau yang senonoh”

      Kata-kata tersebut kemudian dalam bahasa Indonesia terutama bahasa Jawa diartikan “susila “ yang memilki hubungan dengan moralitas. Oleh karena itu secara etimologis kata “Pancasila” yang dimaksudkan adalah adalah istilah “Panca Syilla” dengan vokal i pendek yang memilki makna leksikal “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar yang memiliki lima unsur”. Adapun istilah “Panca Syiila” dengan huruf Dewanagari i bermakna 5 aturan tingkah laku yang penting.

      Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

      -Berbagi Itu Indah- (By: Admin W.L)

  4. Anonymous says:

    11 Istilah untuk pancasila

  5. Cln_ says:

    Kalo menurut artikel lain ahli bahasa itu adalah Muhammad Yamin. Jadi sebelum Soekarno mengajukan nama Pancasila saat rapat BPUPKI II, ia dibisikkan oleh teman yang berada disampingnya. Yaitu seorang ahli bahasa yang bernama Muhammad Yamin. Jadi sekarang saya jg agak bingung sp yg memberi istilah Pancasila pertama kali :p

    • Cln_ says:

      Kalo menurut artikel lain ahli bahasa itu adalah Muhammad Yamin. Jadi sebelum Soekarno mengajukan nama Pancasila saat rapat BPUPKI, ia dibisikkan oleh teman yang berada disampingnya. Yaitu seorang ahli bahasa yang bernama Muhammad Yamin. Jadi sekarang saya jg agak bingung sp yg memberi istilah Pancasila pertama kali :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: