Pendidikan dan Benih Nasionalisme

Pendidikan Barat yang semula dibuka untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada birokrasi kolonial, ternyata berdampak pada munculnya nasionalisme Indonesia. Sekolah-sekolah yang didirikan oleh pemerintah kolonial, menjadi tempat berdiskusi bagi para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, tentang masalah-masalah yang muncul di tanah jajahan.

a.  Pendidikan bagi para bangsawan.

Pada tahun 1879 Belanda mendirikan Hoofdenscholen atau sekolah-sekolah raja. Sekolah ini mendidik anak-anak bangsawan untuk menjadi pegawai pamong praja. Dalam perkembangannya, sekolah ini berubah menjadi Opleidingsschool voor Inlandse Ambtenaren (OSVIA) dan selanjutnya menjadi Middelbare Opleidingsschool voor Inlandse Ambtenaren (MOSVIA) yang memberikan pendidikan bagi para pejabat Binnenlands Bestuur (BB).

Pada tahun 1851 Belanda mendirikan Sekolah Dokter Jawa, yang mendidik calon mantri suntik. Sekolah ini kemudian menjadi School tot Opleiding van Inlandse Artsen (STOVIA) yang bertempat di Batavia dan Nerderlands Indische Artserschool (NIAS) di Surabaya.

b. Pendidikan bagi rakyat

Pada awal abad XX, pemerintah membangun Sekolah Ongko Loro yaitu sekolah-sekolah rendah dan Volksschool (sekolah desa). Itu pun jarang sekali dan hanya disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah dan perusahaan. Lalu, didirikan Hollands Inlandse Scholl (HIS) dan Schakelscholen (sekolah perantara) yang mendidik anak-anak dari golongan menengah. Bagi anak-anak Cina didirikan Hollands Chinese School (HSC).

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: