Pidato Ratu Wilhemina

Ratu Wilhemina

Ratu Wilhemina yang memerintah Kerajaan Belanda dari tahun 1890 – 1948 memberi tanggapan atas pemikiran Politik Etis. Ia menyampaikan pidato yang berjudul Haluan Etis (Ethische Richting) pada tahun 1901. Pidato tersebut merupakan haluan baru dalam pemerintahan Belanda atas Indonesia. Pidato tahta tersebut antara lain berisi pembentukan Panita Kemunduran Kesejahteraan guna menyelidiki sebab-sebab terjadinya kemunduran di Indonesia. Hasil dari penyelidikan tersebut akan disusun dalam bentuk laporan dan dipergunakan sebagai landasan politik praktis. Namun, dalam praktiknya laporan lengkap dari hasil penyelidikan tersebut baru diterbikan pada tahun 1911, jadi sepuluh tahun kemudian.

Menurut rencana, perusahaan pribumi akan dihidupkan kembali, baik dalam usaha-usaha agraris maupun industri tradisional. Guna mencegah kemunduran lebih lanjut, pemerintah akan memberikan hadiah dari pinjaman tanpa bunga.

Dalam kenyataannya, berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh sejumlah pakar ekonomi seperti Van Deventer, Kielstra, dan D. Fock, rakyat Indonesia di pedesaan sangat miskin. Hasil tanah yang kian terpecah akibat sistem warisan menyebabkan tingkap pendapatannya semakin rendah. Padahal perkembangan jumlah penduduk jauh lebih pesat daripada pendapatan dari hasil pertanian.

Kemudian berkembang suatu pemikiran, bahwa Indonesia tidak dapat terus-menerus menjadi daerah yang menguntungkan atau daerah yang menjadi sapi perahan, melainkan merupakan daerah yang harus dikembangkan. Eksploitasi yang selama ini dilakukan, perlu diganti arahnya menjadi daerah yang diberi perhatian demi meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal itu merupakan kewajiban moril bangsa kulit putih yang menganggap dirinya lebih beradab.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: