Sejak Kapan Indonesia Mengenal Agama Kristiani ?

Sesungguhnya, penyebaran agama Kristen di Indonesia merupakan bagian dari kegiatan penyebaran Kristen ke seluruh dunia. Penyebaran agama Kristen sebenarnya sudah mulai dilakukan semasa penjelajahan samudra.

Penyebaran Kristen Katolik dirintis oleh rohaniawan (pastor dan biarawan) sedangkan penyebaran Kristen Protestan dirintis oleh para pendeta atau pengabar Injil. Lantas, sejak kapan agama Kristen di Indonesia mulai disebarkan? Ternyata penyebaran Kristen di Indonesia sudah mulai dirintis oleh dua rohaniawan Fransiskan dari Italia. Pada abad VII M, sudah ada perkampungan Kristen di Fansur, dekat Barus, Sumatra Utara. Keberadaan umat Kristen di daerah tersebut dimuat dalam catatan sejarawan Mesir, Sheik Abu Salih al-Armini. Namun, pada abad-abad berikutnya perkampungan itu tidak diketahui lagi kabar beritanya.

Pada tahun 1321, rohaniawan Fransiskan bernama Oderico de Pordonone singgah ke Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Ia berkunjung dalam rangka perjalanannya ke Cina dari Eropa. Ia sempat berkunjung ke Istana Majapahit dan bandar Lamuri di Aceh. Pada tahun 1347, rohaniawan bernama Joao de Marignolli sempat berkunjung ke Istana Samudera Pasai dan disambut hangat di istana tersebut.

Hal-hal di atas memang belum memperlihatkan tumbuhnya pengaruh Kristen ke Indonesia. Namun setidaknya sudah ada interaksi meskipun dalam tahap awal antara penduduk Nusantara dengan rohaniawan-rohaniawan penyebar agama kristiani.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: