Cermat Membeli Laptop Seken

 

Laptop merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan terutama bagi mereka yang bermobilitas tinggi. Dengan adanya perangkat ini pekerjaan tidak lagi harus terikat di meja kantor atau rumah, tapi dapat dilakukan di mana saja.

Namun harga yang relatif mahal seringkali membuat orang mengurungkan niat untuk membeli barang yang diperkenalkan pertama kali di awal 1980-an ini. Untuk menyiasati kendala ini, membeli laptop seken dinilai menjadi satu pilihan solusi yang baik. Karena dengan harga yang lebih terjangkau, orang sudah dapat menikmati segala kelebihan yang ditawarkan oleh sebuah laptop.

Agar anda dapat memilih laptop mana yang paling baik, langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan memperhatikan kondisi fisik laptop. Jangan sampai ada bagian yang patah, retak, tergores, bekas tambahan, atau buka paksa. Buka mata lebar-lebar pada setiap sudut laptop agar mendapatkan laptop dengan kondisi prima.

Langkah berikutnya adalah memeriksa layar dengan cara membersihkannya terlebih dahulu untuk kemudian menyalakan laptop. Gunakanlah desktop tanpa background dengan warna hitam dan perhatikan dengan seksama di layar tersebut apakah ada titik-titik merah atau tidak. Jika ada, maka Anda bisa curiga bahwa layar tersebut mengalami kerusakan, karena titik merah tersebut merupakan tanda adanya dead pixel (sebuah pixel pada layar LCD yang sudah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya).

Jangan lupa untuk melakukan uji coba pada hardware, antara lain mencoba floppy disk dan CD ROM apakah bisa membaca data atau tidak, cermati suara yang keluar untuk menguji soundcard, melakukan koneksi internet untuk modem, dan memindai harddisk untuk mengetahui kondisinya. Baterai pun harus diuji coba dengan menyalakan laptop paling tidak setengah sampai satu jam tanpa hubungan listrik guna mengetahui apakah baterainya masih bagus atau tergolong soak (cepat habis).

Tanyakan pada penjual apakah Anda bisa mendapatkan CD driver atau CD restore yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi sistem operasi software dan aplikasi lain sama seperti saat laptop baru keluar dari pabriknya. Kalau ada, hal ini tentu menjadi nilai tambah, tapi kalau tidak tanyakan pada penjual driver apa saja yang digunakan. Demikian pula tanyakan ketersediaan suku cadang dari setiap pilihan merek, agar tidak susah mencari jika ada komponen yang rusak.

Dari sekian banyak pilihan, pertimbangkan mana yang paling pas dengan kebutuhan Anda sendiri. Apakah Anda menyukai model yang sederhana dengan external bay atau model yang lain. Terakhir demi kenyamanan Anda, jangan lupa untuk meminta garansi.  ^.^

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: