Mengapa Musim Bisa Berubah ?

Pernahkah kita bertanya, “Mengapa musim berubah?” Fenomena alam seperti ini tidak ubahnya seperti pergantian siang dan malam. Ya, karena fenomena-fenomena tersebut berkaitan dengan posisi Bumi terhadap matahari. Selain faktor tersebut, terjadinya musim di Indonesia juga dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia. Indonesia diapit oleh dua samudra dan dua benua. Kedua faktor tersebut, yaitu posisi Bumi terhadap matahari dan letak geografis Indonesia, memberikan dampak bertiupnya angin muson di Indonesia. Lalu, apa hubungannya angin muson dengan terjadinya perubahan musim di Indonesia? Mari kita bahas secara bertahap.

Bagaimana angin muson barat terjadi? Perbedaan tekanan udara antara Benua Asia dan Benua Australia mengakibatkan adanya pergerakan udara. Angin muson barat bergerak dari Benua Asia ke Benua Australia. Angin ini bersifat basah atau lembab. Dengan sifat angin yang banyak membawa uap air tersebut bisa menyebabkan terjadinya hujan. Nah, pada saat itulah musim hujan terjadi di Indonesia.

Ke arah manakah angin tersebut berembus? Ya, angin tersebut berembus dari Benua Australia menuju Benua Asia. Angin muson timur bersifat kering, miskin uap air, dan panas, karena tidak melalui samudra tetapi melewati gurun yang luas di Australia. Apa yang terjadi ketika angin ini melewati wilayah Indonesia? Pada saat itulah di Indonesia terjadi musim kemarau.

Dua angin muson terjadi di Indonesia secara bergantian setiap setengah tahun (6 bulan). Karena pergantian itulah, terjadi juga perubahan musim di Indonesia. Jika kamu telah mengetahui bagaimana terjadinya dua musim di Indonesia, tentunya kamu pun bisa memperkirakan kapan terjadinya kedua musim tersebut. Kapan waktunya? Musim kemarau di Indonesia terjadi antara bulan Mei – Oktober, sedangkan musim hujan terjadi antara bulan November –  April.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: