Boros Kertas = Hutan Gundul

Hutan Gundul

Kertas memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan kita sehari-hari. Namun, sayangnya penggunaan kertas secara berlebihan dapat merusak alam. Mengapa demikian ?

Kertas dibuat dari serat kayu. Kayu menjadi bahan pilihan untuk membuat kertas karena mengandung selulosa yang dapat diolah menjadi kertas yang berkualitas baik. Pada saat pengolahan, benang-benang selulosa pada kayu dipisahkan dengan cara menghancurkan kayu, sehingga batang-batang kayu berubah menjadi bubur kertas. Bubur kertas yang masih mengandung banyak air tersebut kemudian disaring pada sejenis ayakan lebar dan diperas sehingga hampir keseluruhan air keluar. Serat selulosa yang ada di atas ayakan diberi tekanan sekaligus dipanaskan sehingga terbentuk jalinan serat menjadi lembaran kertas.

Sebatang pohon pinus yang sudah layak tebang dapat menghasilkan kertas berukuran 21 x 28 cm dengan jumlah kurang lebih 84.000 lembar. Jika kamu menggunakan 10 lembar kertas, coba bayangkan berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk menyiapkan kertas selama 1 tahun? Untuk 100 orang? Untuk seluruh penduduk dunia? Artinya, semakin banyak kertas (termasuk kertas tisu) yang kita gunakan, maka semakin banyak pula pohon yang harus ditebang. Agar kelestarian alam dapat terjaga, kita harus menghemat kertas dan gunakan kertas seperlunya saja.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

One Response to Boros Kertas = Hutan Gundul

  1. Pingback: Pengelolaan Sampah Kertas | Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: