Keragaman Flora di Indonesia

Indonesia dianugerahi kekayaan hayati yang tiada taranya. Hutan yang terbentang di belasan ribu pulau mengandung berbagai jenis flora dan fauna, yang kadang tidak dapat dijumpai di bagian Bumi lainnya dan merupakan salah satu negara Mega Biodiversity (kekayaan akan keanekaragaman hayati ekosistem, sumber daya genetika dan spesies yang sangat berlimpah). Tidak kurang dari 47 jenis ekosistem alam yang khas sampai jumlah spesies tumbuhan berbunga yang sudah diketahui, sebanyak 11% atau sekitar 30.000 jenis dari seluruh tumbuhan berbunga di dunia. Sayangnya, beberapa jenis tumbuhan tertentu mengalami kepunahan.

Sampai saat ini, pusat konservasi tumbuhan Kebun Raya Bogor-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta tiga cabangnya (Kebun Raya Cibodas, Purwodadi, dan Bedugul Bali) baru mengoleksi 20% total jenis tumbuhan yang ada di Indonesia. Koleksi anggrek kurang dari 5% yang ada di kawasan timur Indonesia. Untuk jenis durian saja, Indonesia memiliki puluhan jenis, talas ada 700-an jenis, yang semuanya sangat potensial untuk dikembangkan. Berdasarkan data yang ada terdapat 2 juta spesies tumbuhan di dunia dan 60%-nya ada di Indonesia.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya suatu bentuk penutup lahan maupun penggunaan lahan. Faktor tersebut juga mempengaruhi persebaran flora.

Hutan tropis

 

Sabana

 

Bakau

Jenis flora pada gambar di depan berbeda-beda dan beragam jenisnya sesuai dengan keadaan alam. Pada daerah pegunungan atau dataran tinggi dengan curah hujan tinggi dan merata sepanjang tahun akan ditumbuhi hutan lebat yang sering disebut hutan tropis. Hutan tropis terdapat di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Sedangkan pada daerah dengan musim kemarau panjang akan terbentuk hutan musim dengan ciri khas daun berguguran pada musim kemarau. Daerah dengan musim kemarau lebih panjang dan musim hujan lebih pendek akan terbentuk campuran hutan, semak, serta padang rumput yang disebut sabana. Di daerah pantai banyak ditumbuhi hutan bakau, seperti di pantai timur Pulau Sumatera, pantai selatan Pulau Kalimantan, dan pantai selatan Papua. Faktor alam yang menentukan persebaran flora di Indonesia antara lain : kondisi iklim, jenis tanah, ketinggian tempat, dan keadaan air.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

2 Responses to Keragaman Flora di Indonesia

  1. Akbar says:

    Thanks gan info nya🙂

  2. Pingback: Sejarah Garis Weber | qiianying

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: