Agar Nasabah Kian Betah

Mencari nasabah memang pekerjaan sulit, tapi mempertahankan nasabah jauh lebih sulit. Hanya nasabah yang terpuaskan oleh pelayanan sajalah yang akan bertahan sebagai nasabah. Untuk mempertahankan nasabah, jelas perlu kerja keras. Salah satu faktor kunci mempertahankan nasabah sebenarnya ada pada cara kerja bank sendiri, yang dikenal dengan financial planner (perencana keuangan). Merekalah yang sehari-hari berinteraksi langsung dengan nasabah. Bila mereka mampu berhubungan baik dengan nasabah dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik, maka bisa dipastikan nasabah akan bertahan menyimpan uangnya di perusahaan jasa keuangan tersebut. Menurut survei yang diselenggarakan oleh Jobs Rated Almanac, AS, financial planner menduduki posisi sebagai profesi yang paling favorit di Amerika Serikat saat ini. Sumber daya manusia dengan klasifikasi semacam itu harus bisa dihadirkan oleh perusahaan yang bergerak dalam industri jasa keuangan. Mereka harus diciptakan, direkrut, dilatih, dan selanjutnya diberi imbalan yang baik. Dengan demikian, mereka akan mampu menghasilkan ide-ide dan nasihat keuangan yang bermutu di semua aspel keuangan nasabahnya. Profesi ini memang tergolong baru di dunia keuangan, sehingga pendidikan dan pelatihan untuk mereka pun belum banyak diselenggarakan di Indonesia.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: