Karbohidrat Sebagai Sumber Energi Tubuh

Karbohidrat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat tersusun dari unsur-unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi tubuh kita karena 80% dari kalori yang diperlukan tubuh manusia berasal dari karbohidrat. Setiap 1 gram karbohidrat mengandung 4,1 kalori.

Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat antara lain : beras, jagung, sagu, gandum, singkong, ubi, kentang, talas, buah-buahan, dan gula.

Bahan makanan yang menjadi sumber karbohidrat.

Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga berfungsi :

  • Menjaga keseimbangan asam basa di dalam tubuh.
  • Berperan penting dalam proses metabolisme di dalam tubuh.
  • Pembentuk struktur sel dengan mengikat protein dan lemak.

Karbohidrat dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

Monosakarida

Monosakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari satu molekul gula. Monosakarida merupakan karbohidrat yang paling sederhana. Contohnya glukosa dan fruktosa.

Disakarida

Disakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari dua molekul gula, atau terdiri dari dua unit monosakarida. Contohnya sukrosa (gula putih) dan maltosa. Sukrosa terdiri dari glukosa dan fruktosa. Maltosa terdiri dari glukosa dan glukosa.

Polisakarida

Polisakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari banyak molekul gula atau terdiri dari banyak unit monosakarida. Contohnya : pati (amilum), glikogen, dan selulosa. Glikogen sering disebut sebagai gula otot. Selulosa merupakan pembentuk dinding sel tumbuhan.

Di dalam tubuh, karbohidrat yang dapat larut dan diserap oleh usus halus adalah glukosa. Jadi, makanan yang mengandung karbohidrat yang kita makan harus dicerna terlebih dahulu hingga menjadi glukosa. Selanjutnya, glukosa dapat diserap oleh usus halus. Setelah diserap oleh usus halus, glukosa masuk ke dalam darah dan diedarkan ke seluruh sel-sel tubuh. Glukosa inilah yang digunakan sebagai bahan oksidasi untuk menghasilkan energi. Proses oksidasi di dalam sel-sel tubuh membutuhkan oksigen dan terjadi melalui suatu rangkaian reaksi kimia. Oksigen untuk oksidasi diperoleh dari pernapasan.

Oksidasi glukosa akan menghasilkan energi yang digunakan untuk aktivitas hidup. Jadi, karbohidrat berperan penting dalam penyediaan energi bagi tubuh manusia. Jika seseorang kekurangan karbohidrat dalam makanannya, maka tubuhnya menjadi lemah dan kurus. Akibatnya, daya tahan tubuh terhadap penyakit berkurang.

Kebutuhan karbohidrat untuk setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitasnya. Misalnya, seorang dewasa yang bekerja berat membutuhkan karbohidrat delapan sampai sepuluh gram setiap kilogram berat badannya setiap hari.

Di dalam tubuh, kelebihan karbohidrat disimpan di dalam hati atau otot dalam bentuk glikogen. Kapasitas pembentukan glikogen terbatas. Kapasitas pembentukan glikogen terbatas. Apabila penimbunan glikogen telah mencapai batasnya, maka kelebihan karbohidrat di dalam tubuh diubah menjadi lemak. Lemak ditimbun di dalam jaringan lemak yang terdapat di bawah kulit.

About Administrator W.L
Seorang yang selalu ingin belajar hal-hal baru dan menarik.

One Response to Karbohidrat Sebagai Sumber Energi Tubuh

  1. Anonymous says:

    decrtrgfrvt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: